Minggu, 05 Agustus 2012

Atlantica Online is My Life

Oke kembali jumpa lagi dengan gw di blog gw sendiri yang sunyi sepi. Di entri gw kali ini gw bakal ngebahas judul gw yaitu "Atlantica Online is My Life". dari judul sudah dilihat bahwa ini adalah sebuah game online yang sangat populer dari game berbasik MMORPG (Massively multiplayer online role-playing game). Yang istimewa dari game ini adalah permainannya yang memakai strategi dan menguras otak untuk memutarbalikan segala taktik dengan modal yang ada. Dengan basic turn base MMORPG, Atlantica menjadi game pertama di Indonesia yang memakai terobosan tersebut (di negara lain gw sih kurang tau). Apa istimewanya? pasti anda semua penasaran kan? yap betul, keistimewaan dari game ini adalah cara bermainnya yang tidak asal serang tetapi menggunakan 9 orang dalam 1 team. 1 team terdiri dari 1 main character atau biasa disebut leader, dan 8 orang mercenary atau biasa dibilang mercen. Ketika kita bermain game MMORPG biasa, kita hanya bermain asal klik monster atau musuhnya saja. Berbeda dengan game-game MMORPG biasa, karena dasar permainan ini adalah turn based strategy game, Atlantica memberikan sensasi berbeda dengan menjalankan 5 mercenary untuk dijalankan. Ada beberapa taktik yang bisa digunakan. Yang paling trending adalah style main cepat atau fast playing. Dengan kombinasi mercenary ditambah senjatanya yang mengerikan, berburu ataupun melawan player lain bisa lebih efisien dan cepat. Dan gw sebagai player Atlantica pun menyadari kalau cara bermain tersebut bisa dikombinasikan dengan cara lain tanpa harus memakai senjata yang sangat mematikan. Cukup bermain skill magic yang dapat mengurangi deff, dex, mdeff lawan itu sudah cukup. Oke cukup basa basinya dan kita masuk ke bagian utama yaitu sejarah gw bermain Atlantica Online ini. 


Awal mula gw tau ini game adalah dari teman gw yang sangat getol bermain game ini. Gw sama dia emang selalu main bareng di warnet. Dia main PB gw juga ikutan PB. Tapi suatu hari dia tiba-tiba bermain game ini. Gw tanya kan "kok tumben ga PB?" kata dia "ah bosen PB terus banyak cheat". Gw bales "Ini maen apaan emang?" kata dia "Atlantica. Lu coba ajadeh baru komen ke gw". Udah tuh abis itu gw test itu game. Pertama gw bingung kan ini cara mainnya bagaimana. Secara, gw kan cuma bisa main game model FPS doang. Game MMORPG mana ada yang ngerti. Pas pertama mulai gw disuruh pilih character. Character ini adalah main character kita. Ada beberapa pilihan job untuk dijadikan main char. Ada Swordsman, Spearman, Axeman, Canonman, Gunner, Bowman, Instrument, Staff, Power saw. Sekedar info, Power saw hanya bisa dipakai bila 1 main character kita ada yang mencapai level 100. Awalnya gw mau pilih swordsman. Tetapi pas dipikir-pikir kalau pakai swordsman itu biasanya terlalu sering. Dan gw mengamati pilihan-pilihan job itu sesaat. Gw liat kok yang unik cuma instrument ya? ah gw pilih instrument aja deh. Dan akhirnya gw pilih job instrument. Pas pertama gw maenin pakai job instrument itu adalah mimpi buruk. Bayangkan hanya bisa menghasilkan damage sedikit apabila menyerang lawan. Memang dia mempunyai keistimewaan yaitu cara dia menyerang mirip gabungan antara Spearman dan Bowman. Di awal gw sudah menyesal. Tapi pas temen gw ngeliat character gw dia langsung ngomong "oy instrument itu ga cocok buat serangan. Dia lebih bagus buat support attack. Lu serang lawan lu pake skill Ravaging Melodynya terus lu serang biasa deh pasti lebih terasa damagenya". Oke gw turutin dan bener semua apa kata dia itu. Oke sejak saat itu gw bermain seperti kesetanan. Setiap ke warnet pasti buka Atlantica. Sampai akhirnya gw harus pensi selama 3 bulan karena bosan bermain dan ingin mencari tantangan baru .


Ternyata keputusan gw itu salah. 3 bulan menelantarkan Atlantica gw, 3 bulan pula gw merasa hampa tanpa ini game. Akhirnya gw comeback lagi ke dunia Atlantica. Tadinya gw bingung karena di game ini, gold adalah segalanya.  gold   gain. Oke sejak gw terakhir gw main yaitu 3 bulan yang lalu, level gw masih 47. Level yang boleh dibilang lumayan pada saat itu. Pas gw main lagi , banyak yang berubah di Atlantica ini dari jenis-jenis mercenarynya sampai costume-costume baru yang telah terbit. Dan gw menerapkan sistem SKSM (Sistem Kebut Setiap Main). Dengan sistem tersebut, sehari gw bisa menghabiskan waktu hingga 6 jam untuk bermain Atlantica. Dan ternyata berhasil. Teman-teman gw yang semula levelnya jauh diatas gw, perlahan-lahan mulai terkejar. Dan sekitar 3 bulan setelah gw comeback gw mencapai level yang tidak semua pemain bisa mencapainya. Yap level 100. Level yang membuat para player bangga dengan apa yang telah dicapainya. Semula gw udah puas tetapi setelah gw cek ini adalah langkah awal buat menentukan masa depan char gw (berat bahasanya). Oke 3 bulan gw bermain Atlantica, teman-teman gw disini semakin banyak bahkan ada yang udah gw anggap sebagai keluarga sendiri. Yap 3 sahabat gw yaitu Kenny, Agus, Boim sangat membantu gw dan bisa membuat game ini lebih berarti lagi. Gw diajarin sama mereka tentang bagaimana cara bermain yang baik, jenis-jenis pergaulan, bahkan bisa dijadikan tempat curhat (kecuali Ken soalnya rada ga beres kalo masalah perasaan hehehe piss). Setiap gw main pasti ada mereka ini. Dan mereka pula yang selalu nyemangatin gw kalo misalnya gw lagi ngedown (dan sekali lagi terkecuali Ken yang ga beres kalo masalah perasaan). Dan berawal dari game ini pula gw bisa ngerti bagaimana caranya menjalankan bisnis dagang sederhana. Menjual barang di sini ternyata memerlukan otak juga karena kita berdagang kepada player lain bukan ke NPC atau komputer. Pokoknya di game ini gw bisa belajar banyak walaupun orang menyebut game itu selalu dalam istilah negatif, gw rasa game ini ada sisi didiknya. Tetapi setelah gw merasa nyaman pada saat keadaan waktu itu, satu persatu teman-teman terbaik gw di game ini pada menghilang. Berawal dari Agus yang tiba-tiba mau pensi karena barang mahalnya diambil sama orang. Lalu Ken yang bingung ingin apa setelah mencapai 120. Dan Boim yang ingin ngurus kuliah dulu. Yah sekarang gw bermain sendiri lagi. Ga ada orang lain yang bisa ngegantiin posisi mereka. Gw masih bertahan disini, menunggu kalian untuk comeback bermain Atlantica lagi. Karena disini tempat kita bertemu. Dan sekarang gw hanya bisa menunggu kapan mereka bermain Atlantica lagi. 


Oh iya gw lupa ngasih tau. Di Atlantica ada istilah formation. Dari formation kita bisa menentukan letak mercenary serta main char kita. Ini adalah susunan formasi gw di AO






Ini contoh formasi yang bisa dibuat di game Atlantica. Tapi harus punya pikiran dan sesuaikan semua ini dengan taktik anda masing-masing. Waktu dulu gw sering nanya-nanya tentang bagaimana susunan formasi gw kepada mereka ber 3. Tetapi sekarang sudah tidak ada tempat untuk sharing lagi .


Oke sekian entri kali ini. Walau terkesan ga jelas tapi intinya gw ingin ngasih tau kalau hidup gw ada di Atlantica ini. Walau bentar lagi gw bakal pensi bermain game ini, seenggaknya gw bisa ngasih tau kalau gw di game ini bisa berjaya. Berikut beberapa galeri foto character gw





120  



 With Agus and om Ateng



 Lagi Knud nih



 With Boim 



Kenangan pas VOO nih